RESULTAN ENGINEERING

Home » Research » Analisis Modifikasi Sambungan Portal Baja yang Menjamin Mekanisme “SCWB” (Bagian 2)

Analisis Modifikasi Sambungan Portal Baja yang Menjamin Mekanisme “SCWB” (Bagian 2)

Artikel kali ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya pada link berikut.

Salah satu cara yang digunakan untuk membuat mekanisme SCWB adalah dengan membuat bagian sambungan memiliki tahanan momen yang lebih besar dari pada bagian bentang sehingga sendi plastis terjadi pada bagian bentang balok ( jauh dari sambungan ).

Ada beberapa detail sambungan yang mulai umum digunakan dewasa ini. Setiap detail memiliki karakteristik yang berbeda–beda dengan keunggulan yang berbeda pula. Modifikasi sambungan tersebut adalah : modifikasi sambungan Cover Plate, modifikasi sambungan Flange Rib, modifikasi sambungan Top & Bottom Haunch, dan modifikasi sambungan Reduced Beam.

Modifikasi sambungan Cover Plate adalah modifikasi sambungan yang dibuat dengan menambahkan lempengan kecil pada bagian atas dan bawah bagian flange/sayap balok dengan pengelasan yang memadai untuk mentransfer gaya–gaya yang bekerja pada sambungan ke badan balok. Lempengan pada sayap bagian bawah di las pabrik ke sayap bagian kolom sementara bagian sayap balok dilas lapangan ke kolom. Sayap bagian atas dan bagian cover atas keduanya dilas lapangan ke sayap kolom dengan pengelasan yang umum. Sambungan bagian web bisa dilas ataupun diberi perlakuan high strength bolted. Berikut ilustrasi modifikasi sambuungan Cover Plate:

cover plate

cover plate

Modifikasi sambungan Flange Rib adalah modifikasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi kebutuhan pengelasan pada sayao kolom dan untuk menggeser sendi plastis dari daerah muka kolom ke badan balok. Kemampuan dari kombinasi ini tergantung pada pengelasan sayap di ujung bentang balok. Sambungan bisa mengalami kegagalan pada bagian sayap kolom, walaupun seharusnya tahanan terhadap kegagalan semacam itu lebih baik daripada yang dimiliki oleh cover plate dengan berkurangnya bagian yang dilas.

Pada saat pengetesan, ukuran dari benda uji membutuhkan dua ribs yang dipasang vertikal pada masing–masing bagian sayap. Hal ini tentu saja menambah kebutuhan biaya. Namun, sejumlah tes desain terhadap benda uji yang hanya menggunakan satu buah rib mengindikasikan terjadinya kegagalan yang lebih cepat pada bagian las rib di ujung. Berikut ilustrasi dari modifikasi sambungan Flange Rib:

flange rib

flange rib

Modifikasi sambungan Top & Bottom Haunch dibuat dengan meletakkan potongan baja profil IWF (haunch) pada bagian atas dan bawah flens. Dari hasil tes yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui bahwa sambungan ini telah sukses memenuhi tujuan yang diinginkan.

Namun, sambungan ini termasuk salah satu sambungan yang paling banyak memakan biaya. Biaya dapat dikurangi dengan menghilangkan bagian las antara sayap balok dengan kolom. Namun, kemampuan dari jenis sambungan tersebut masih belum pernah diujikan. Salah satu kelemahan dari sistem ini adalah bahwa keberadaan haunch di atas-bawah balok dapat menimbulkan masalah estetika dan arsitektur.

top-bottom haunch

top-bottom haunch

Pada modifikasi sambungan Reduced Beam Section, bagian balok sengaja diberikan pengurangan luasan pada bagian tertentu untuk menciptakan zona plastis yang berlokasi pada bagian bentang balok, jauh dari muka kolom. Beberapa cara pengurangan bagian balok telah dilakukan. Salah satu metoda yang dilakukan adalah dengan mengurangi bagian sayap balok secara simetris dari garis tengah balok ke dalam bentuk yang biasa disebut sebagai profil “tulang anjing” (dog bone). Perlu diperhatikan bahwa dalam pelaksanaannya, pengurangan luasan harus dilakukan sehalus mungkin untuk mengurangi adanya coakan yang memungkinkan terjadinya keretakan. Cara lain yang biasa dilakukan juga adalah dengan memberikan serangkaian lubang pada bagian sayap balok.

Modifikasi jenis ini banyak dipilih untuk struktur yang menggunakan sistem plat lantai pra-cetak. Dibandingkan dengan modifikasi perkuatan sambungan, modifikasi jenis ini memudahkan perletakan pelat lantai di lapangan karena penyediaan ruang yang tidak terganggu oleh adanya tambahan bentuk yang menonjol diatas sayap balok. Namun, keutungan ini harus dikompensasikan dengan berkurangnya tahanan tekan dari balok. Berikut adalah ilustrasi dari modifikasi sambungan Reduced Beam Section :

reduced beam section

reduced beam section

Pada artikel selanjutnya akan dijelaskan hasil analisis setiap sambungan pada sebuah sistem portal baja yang dimodelkan pasa software SAP.

Penulis: -RAS- & Fajar Eka Rahman Telaumbanua

Artikel terkait:
Analisis Modifikasi Sambungan Portal Baja yang Menjamin Mekanisme “SCWB” (Bagian 1)
Analisis Modifikasi Sambungan Portal Baja yang Menjamin Mekanisme “SCWB” (Bagian 3)
Analisis Modifikasi Sambungan Portal Baja yang Menjamin Mekanisme “SCWB” (Bagian 4 – selesai)

1 Comment

  1. Your words mean a lot to us!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: